Satelit Telkom dipastikan Tidak Beroperasi Lagi

by - Agustus 30, 2017

Ok guys.. Postingan kali ini Kuirkuir ingin berbagi informasi, terkait perihal Satelit Telkom. Sebagian besar siaran TV yang dulunya aktif di Telkom 1, sudah migrasi ke Telkom 3S. Satelit Telkom 1 sudah hampir dipastikan tidak dapat beroperasi lagi, karena kelalaian fatal dari pihak Telkom yang memaksakan penggunaan Telkom 1 yang sudah melewati masa aktif normal sejak 2014 yang lalu, sehingga kemudian terjadi anomali yang tidak terduga yang membuat satelit ini down dan hampir dipastikan tamat.
Satelit Telkom 4 baru akan diluncurkan pada pertengahan tahun depan.
Belum diketahui apakah siaran-siaran tersebut akan permanen di Telkom 3S, atau akan migrasi kembali ke Telkom 4 jika sudah diluncurkan dan mulai beroperasi.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara telah membahas dengan Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga terkait persoalan satelit Telkom 1 yang mengalami gangguan pekan lalu.
Telkom 1 yang sejatinya berakhir masa operasinya pada 2018 nanti, diperkirakan tidak akan berfungsi normal kembali. Sehingga slot Telkom 1 akan kosong selama setahun ke depan.
"Saya sudah bicara. Pertama, kita harus amankan slotnya, harusnya dia (Telkom 1) orbit hingga 2018 jadi mungkin ada satu tahun kosong. Kominfo akan membantu Telkom melakukan suspend atas slotnya sehingga aman untuk Indonesia, itu dulu fokusnya," ujar Rudiantara di Grha XL, Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Sesuai jadwal sebelumnya, Telkom baru akan meluncurkan satelit Telkom 4 pertengahan 2018 untuk menggantikan Telkom 1.
Rudiantara melanjutkan setiap perkembangan mengenai Telkom 1 harus disampaikan kepada publik. Sebab, persoalan ini dampaknya besar. Di samping itu, satelit adalah bisnis yang penuh risiko.
"Nah, yang kemarin itu sedang diteliti oleh Telkom dan juga Lockhead Martin, kenapa bisa tidak berfungsi. Padahal, kalau secara umum memang beroperasi 15 tahun. Tetapi dengan perjanjian khusus antara Telkom dan Lockhead Martin ini, bisa lebih dari itu. Bisa 18 atau 20 tahun," tuturnya.
"Dan yang lebih penting lagi, saya minta Telkom realokasikan kepada kapasitas satelit manapun. Saya update dari Dirut Telkom itu dipindahkan ke Telkom 3S, satelit lain termasuk Apstar. Jadi pelanggan seharusnya bisa tenang, ya memang faktanya terjadi seperti kemarin. Satelit ya tidak bisa diapa-apakan, terjadi glitch di atas ya kena," kata Chief RA.
 

Menkominfo menceritakan gangguan Telkom 1 bukan karena pergeseran orbit, melainkan karena baterainya yang sudah tidak berfungsi hingga bahan bakarnya habis, sehingga keluar dari orbit.
Bila dilihat secara teknis, satelit tersebut sudah tidak bisa dipakai kembali. Solusinya harus dipindahkan sesegera mungkin, apapun konsekuensinya.
"Itu kelangsungan bisnis juga, bukan hanya dilihat kelangsungan bisnis Telkom. Tapi demi bisnis penggunanya juga yaitu perbankan, VSAT, dan lain sebagainya," ucap menteri kelahiran Bogor ini.

Naaahh, buat kalian para tracker, Berikut Kuirkuir bagikan cara tracking perkawinan untuk satelit Palapa & Telkom 3S :
Buat pengguna parabola 2 LNB.. Cara menggabungkan 2 satelit antara Palapa D dengan Telkom 3S sangat mudah... 

Cara 1: jika posisi parabolanya saat ini Palapa D - Telkom 1, dengan fokus Palapa (Barat) dan offset Telkom 1 (Timur). Maka tinggal memutar tiang LNBnya saja. Maka akan menjadi Palapa D fokus (Timur) dan Telkom 3S offset (Barat), siaran yang ada di satelit Palapa D tadi akan tetap ada. Dan tinggal scan satelit Telkom 1 saja.. Maka akan didapatkan siaran satelit Telkom 3Snya.

Cara 2 : yaitu dengan cara merubah pengaturan pada receiver saja. Misal, yang tadi pengaturan 22K satelit Palapa D yang tadinya OFF dirubah menjadi ON, dan pengaturan satelit Telkom 1 yang tadinya ON dirubah menjadi OFF. Maka akan menjadi palapa D offset (Timur) dan Telkom 3S fokus (Barat), parabalonya digeser sedikit ketimur sambil melihat signal yang ada di satelit Palapa D tadi. Jika sudah ada, tinggal scan saja satelit Telkom 1, maka akan didapat siaran Telkom 3S. Kekurangannya disini, Signal yang ada disatelit Palapa D akan sedikit turun/lemah, karena satelit Palapa D Letaknya di offset timur.

Untuk cara paling mudah atau terakhir yaitu dengan menyiapkan sedikit dana dan calling tekhinisi terdekat Anda,  dan khususnya untuk wilayah Banjarmasin, Banjarbaru, dan Martapura (di Kalimantan Selatan dan sekitarnya) bisa menghubungi tehnisi dari Akmal Parabola, tersedia untuk parabola gratis tanpa berlangganan, dengan menyediakan all channel premium lengkap seperti HBO, Fox Movis, Natgeo, Discovery Channel, Cartoon Network, dan masih banyak lagi. Contact saja di 0821 596 333 96 dengan tekhinisi yang sangat berpengalaman.

Selamat Mencoba guysss... 
Indahnya Berbagi bersama Kuirkuir
http://kimechanic.com/5Hv
Khusus Parabola Gratis Tanpa Iuran

You May Also Like

0 komentar