Rumus Excel yang Paling Sering digunakan di Dunia Kerja

by - September 22, 2017

Bagi pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran, semua pasti sudah kenal dan tidak asing lagi dengan yang namanya Microsoft Excel. Nah Software pengolah angka terbaik buatan Microsoft ini terbukti mampu mempercepat penggunannya saat menghitung beragam angka dan data kalian.
Microsoft Excel digunakan secara profesional dengan menggunakan rumus tersendiri dan beragam macamnya sesuai kebutuhan kalian. Akan tetapi semua rumus wajib kudu kalian pelajari dan pahami, karena jika sudah paham, kalian tidak perlu harus menghapal rumus rumus tersebut.
Untuk postingan kali ini Kuirkuir akan membagikan 14 rumus Excel di dunia kerja atau universitas yang paling sering digunakan dan cara menggunakannya. Ok guys, langsung az nih pelajari pelan pelan di bawah ini :

IF

Fungsi rumus Excel IF adalah mengambil salah satu dari dua nilai berdasarkan suatu kondisi.

  • Rumus IF 
IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false])


  • Contoh IF
=IF(2<3,"Benar","Salah") > "Benar"
=IF(2>3,"Benar","Salah") > "Salah"

SUM

Fungsi rumus Excel SUM adalah menjumlahkan sekumpulan angka.

  • Rumus SUM
Sum(number1,[number2],..]


  • Contoh SUM
=sum(2,3,5,6,11) > 28
=sum(a1,a2)

Count

Fungsi rumus Excel Count adalah menghitung jumlah cell yang berisi angka.
  • Rumus Count
count(value1,[value2],..]

  • Contoh Count
=count(a1:a10)

CountA

Fungsi rumus Excel CountA adalah menghitung jumlah cell yang ada datanya.
  • Rumus CountA
counta(value1,[value2],..]

  • Contoh CountA
=counta(a1:a10)

CountIF

Fungsi rumus Excel CountIF adalah menghitung jumlah cell pada suatu range yang punya satu kriteria tertentu.
  • Rumus CountIF
countif(range,criteria)

  • Contoh CountIF
=countif(a1:a10,"A")

Match

Fungsi rumus Excel Match adalah menunjukkan posisi relatif suatu item di tabel yang cocok dengan kondisi atau kriteria tertentu.
Misalnya, kita ingin mencari apakah di sebuah tabel ada nama orang tertentu.
  • Rumus Match
match(lookup_value,lookup_array,[match_type])

  • Contoh Match
=match("Jojon",A1:A20,0)

VLookUp

Fungsi rumus Excel VLookUp adalah mencari suatu item di kolom, di tabel, dan mengambil nilai yang ada di kolom lain pada tabel tersebut.
Misalnya, kita ingin mencari tahu kapan ulang tahun atau jumlah anak karyawan tertentu.
  • Rumus VLookUp
vlokup(lookup_value,lookup_array,[match_type])

  • Contoh VLookUp
=vlookup("Jojon",A1:C11,3,0)

SumIfs

Fungsi rumus Excel SumIfs adalah mencari suatu item di kolom, di tabel, dan mengambil nilai yang ada di kolom lain pada tabel tersebut.
Misalnya kita ingin mencari tahu kapan ulang tahun atau jumlah anak karyawan tertentu.
  • Rumus SumIfs
sumifs(sum_range,criteria_range1,criteria1,criteria_range2,criteria2,...)

  • Contoh SumIfs
=sumifs(d1:d10,a1:a10,'Jojon",E1:E10,"Februari")

Round

Fungsi rumus Excel Round adalah membulatkan angka ke angka desimal sesuai yang kamu inginkan.
  • Rumus Round
round(number,num_digit)

  • Contoh Round
=round(12:3456789,2)

Trim

Fungsi rumus Excel Trim adalah membenarkan teks dengan cara menghapus spasi yang terlalu banyak.
  • Rumus Trim
trim(text)

  • Contoh Trim
=trim("Ini adalah     rumus      excel yang      mudah dipelajari    ")

Proper

Fungsi rumus Excel Proper adalah mengubah teks ke bentuk proper case (huruf pertama jadi huruf besar).
  • Rumus Proper
Proper(text)

  • Contoh Proper
=proper("ini aDalah rumUS eXcel yang mudah diPelajari") > Ini Adalah Rumus Excel Yang Mudah Dipelajari

Upper

Fungsi rumus Excel Upper adalah mengubah teks ke bentu upper case (huruf besar semua)
  • Rumus Upper
Upper(text)

  • Contoh Upper
=upper("ini adalah rumus excel sederhana di dunia kerja") > INI ADALAH RUMUS EXCEL SEDERHANA DI DUNIA KERJA

Lower

Fungsi rumus Excel Lower adalah untuk mengubah teks ke bentuk lower case (huruf kecil semua).
  • Rumus Lower
lower(text)

  • Contoh Lower
=lower("Jangan Lupa like and share kuirkuir.blogspot.com") > jangan lupa like and share kuirkuir.blogspot.com











 Nah itu lah tadi beragam rumus excel yang pada umumnya biasa digunakan dalam dunia perkantoran atau pun perkuliahan, dengan profesional menggunakan excel kalian tentu memiliki nilai lebih untuk mendapatkan sebuah pekerjaan di perkantoran. Semoga sukses guys...















You May Also Like

0 komentar