Rumus Excel yang Paling Sering digunakan di Dunia Kerja
Bagi pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran, semua pasti sudah kenal dan tidak asing lagi dengan yang namanya Microsoft Excel. Nah Software pengolah angka terbaik buatan Microsoft ini terbukti mampu mempercepat penggunannya saat menghitung beragam angka dan data kalian.
Microsoft Excel digunakan secara profesional dengan menggunakan rumus tersendiri dan beragam macamnya sesuai kebutuhan kalian. Akan tetapi semua rumus wajib kudu kalian pelajari dan pahami, karena jika sudah paham, kalian tidak perlu harus menghapal rumus rumus tersebut.
Untuk postingan kali
ini Kuirkuir akan membagikan 14 rumus Excel di dunia kerja atau universitas yang
paling sering digunakan dan cara menggunakannya. Ok guys, langsung az nih pelajari pelan pelan di bawah ini :
IF
Fungsi rumus Excel IF adalah mengambil salah satu dari dua nilai berdasarkan suatu kondisi.- Rumus IF
- Contoh IF
=IF(2>3,"Benar","Salah") > "Salah"
SUM
Fungsi rumus Excel SUM adalah menjumlahkan sekumpulan angka.- Rumus SUM
- Contoh SUM
=sum(a1,a2)
Count
Fungsi rumus Excel Count adalah menghitung jumlah cell yang berisi angka.- Rumus Count
- Contoh Count
CountA
Fungsi rumus Excel CountA adalah menghitung jumlah cell yang ada datanya.- Rumus CountA
- Contoh CountA
CountIF
Fungsi rumus Excel CountIF adalah menghitung jumlah cell pada suatu range yang punya satu kriteria tertentu.- Rumus CountIF
- Contoh CountIF
Match
Fungsi rumus Excel Match adalah menunjukkan posisi relatif suatu item di tabel yang cocok dengan kondisi atau kriteria tertentu.Misalnya, kita ingin mencari apakah di sebuah tabel ada nama orang tertentu.
- Rumus Match
- Contoh Match
VLookUp
Fungsi rumus Excel VLookUp adalah mencari suatu item di kolom, di tabel, dan mengambil nilai yang ada di kolom lain pada tabel tersebut.Misalnya, kita ingin mencari tahu kapan ulang tahun atau jumlah anak karyawan tertentu.
- Rumus VLookUp
- Contoh VLookUp
SumIfs
Fungsi rumus Excel SumIfs adalah mencari suatu item di kolom, di tabel, dan mengambil nilai yang ada di kolom lain pada tabel tersebut.Misalnya kita ingin mencari tahu kapan ulang tahun atau jumlah anak karyawan tertentu.
- Rumus SumIfs
- Contoh SumIfs
Round
Fungsi rumus Excel Round adalah membulatkan angka ke angka desimal sesuai yang kamu inginkan.- Rumus Round
- Contoh Round
Trim
Fungsi rumus Excel Trim adalah membenarkan teks dengan cara menghapus spasi yang terlalu banyak.- Rumus Trim
- Contoh Trim
Proper
Fungsi rumus Excel Proper adalah mengubah teks ke bentuk proper case (huruf pertama jadi huruf besar).- Rumus Proper
- Contoh Proper
Upper
Fungsi rumus Excel Upper adalah mengubah teks ke bentu upper case (huruf besar semua)- Rumus Upper
- Contoh Upper
Lower
Fungsi rumus Excel Lower adalah untuk mengubah teks ke bentuk lower case (huruf kecil semua).- Rumus Lower
- Contoh Lower
Nah itu lah tadi beragam rumus excel yang pada umumnya biasa digunakan dalam dunia perkantoran atau pun perkuliahan, dengan profesional menggunakan excel kalian tentu memiliki nilai lebih untuk mendapatkan sebuah pekerjaan di perkantoran. Semoga sukses guys...
0 komentar